Al Qur’an dan Kita

28 07 2009

al-quran

5M Al Qur’an adalah membaca, mendengarkan, menghapal, mempelajari dan mengamalkan Al Qur’an. “Mengapa kita harus melaksanakan 5M tersebut”mungkin pertanyaan itu selalu ada di benak kita dan secara umum pasti kita akan menjawab “tentu saja itu merupakan perintah dari Allah Swt” betul kan?. Namun kita tidak menyadari sebenarnya apa hikmah yang tersirat di balik perintah-Nya tersebut. Kita hanya mengetahui bahwa hal tersebut hanya sekedar suruhan untuk mendapat ridha-Nya. Dalam setiap perintah Allah Swt pasti ada guna dan manfaatnya bagi diri kita, begitu juga dengan 5M Al Qur’an tersebut.

Al Qur’an merupakan sumber ilmu pengetahuan yang memunculkan ilmu pengetahuan modern. Banyak sekali ayat-ayat Al Qur’an yang memuat keajaiban ilmiah di berbagai bidang ilmu pengetahuan. Meskipun demikian, Al Qur’an tidak bisa dilihat semata-mata sebagai buku ilmu pengetahuan dan buku peradaban. Al Qur’an lebih dari itu. Ia adalah Kitab Allah yang berisi fakta, lengkap dan komperehensif.
Di dalam Al Qur’an terdapat berbagai rahasia yang belum kita ketahui. Pada umumnya kita hanya membaca dan mendengar tanpa memahami isinya dan tujuannya. Padahal jika kita lihat kembali pada masa kejayaan Islam, Al Qur’an merupakan pedoman hidup dan “undang-undang” bagi seseorang muslim untuk menjalani kehidupannya. Karena hal itulah pada masa tersebut muncul berbagai cendikiawan muslim yang karyanya dipakai sebagai dasar di berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti Ibnu Sina dengan karyanya Al Qanun Fit Tib yang menjadi dasar ilmu kedokteran.

Jika kita melihat pada sekarang ini, remaja kita banyak yang meninggalkan Al Qur’an, jangan dulu untuk mengamalkannya untuk membaca saja mereka terlihat enggan. Padahal jika mereka tahu rahasia dibalik kekuatannya, mereka akan berlomba-lomba untuk mempelajari dan mengamalkannya. Salah satu kekuatan Al Qur’an adalah dapat membantu untuk meraih prestasi. Sebagai seorang pelajar kita tentu kita ingin berprestasi baik dalam akademik maupun non-akademik karena itu Al Qur’an-lah jawabannya.
Dalam buku best seller berjudul Quantum Learning Plus karya Dr. Husein Syahatah Guru Besar Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, Al Qur’an mempunyai kekuatan utama untuk mencapai prestasi yaitu menguatkan memori hafalan, menambah kecerdasan, membina kerangka berpikir dan retorika. Begitu juga membebaskan ketegangan jiwa. Tentu pendapat ini bukan asal-asalan, hal ini berdasarkan Ayat-ayat Al Qur’an sendiri.

250px-Opened_Qur'an

Al Qur’an merupakan kitab Allah yang luar biasa. Bukan hanya kitab peradaban yang sangat cocok pada zaman apapun, Al Qur’an juga mampu mengubah sesuatu menjadi lebih baik. Salah satunya dapat meningkatkan kekuatan otak manusia hingga pada kekuatan maksimal. Pada suatu penelitian yang dilakukan oleh para ahli dengan menggunakan alat-alat modern membuktikan bahwa setiap kita membaca Al Qur’an otak kita sedang dalam kondisi gelombang Alpha. Menurut para pakar kedokteran jika kita berada di kondisi gelombang itu, kita sedang rileks dan otak kita dalam keadaan yang paling baik untuk belajar. Bukan hanya itu saja Al Qur’an juga dapat membawa kita di gelombang Theta di mana organ yang berkuasa atas tubuh kita sedang memiliki emosi yang kuat dan konsentrasi tertinggi. Itu baru dengan membaca apalagi dengan memahami isinya dan mengamalkannya tentu Allah Swt. melalui Kitabnya itu akan memberi nilai lebih kepada kita. Oleh karena itu AYO kita mengaji dan memahami isi Al Qur’an selain mendapat pahala dan wawasan tentang hidup, kita juga dapat menjadi cerdas karenanya. Sekali lagi pokoknya kita tidak boleh malas membaca dan memahami Kitab Allah Swt. yang sangat-sangat luar biasa itu OK

Iklan

Aksi

Information

One response

10 03 2010
mamik rosita

Terima kasih ilmunya..mohon diizinkan untuk mendownload gambar alqur’an. syukron..jazakumulloh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: